Job Market Fair

0
Bingung Memilih Usaha Yang Tepat?
Saya dulu sering kebingungan untuk memilih serta menentukan suatu jenis usaha atau bisnis yang tepat yang akan saya jalankan, dan mungkin diantara Anda juga ada yang mempunyai masalah yang serupa. Jika kebingungan tersebut dibiarkan berlarut-larut, tentu Anda tidak bisa segera memulai usaha serta mendapatkan penghasilan yang Anda idam-idamkan. Karenanya, barangkali tip-tip atau kiat-kiat usaha berikut ini bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang dihadapkan pada permasalahan tersebut.

Pertama, kenalilah diri Anda

Saya yakin, tidak ada manusia yang mengenal potensi dirinya selain dirinya sendiri, tapi karena pandangan manusia sering tertuju ke luar dari dirinya, maka potensi tersebut sering terabaikan, sehingga dirinya sendiri tidak mengetahui. Begitu pun dengan Anda, Anda juga sering kebingungan tentang potensi apa yang ada pada diri Anda.

Untuk menggali potensi tersebut, coba Anda kenali apa saja yang telah Anda miliki, keahlian, kegemaran atau hobi, minat dan bakat Anda, motivasi, serta kesiapan dan kesigapan Anda untuk merintis dan mengelola suatu usaha.

Kedua, mencari peluang usaha

Setelah Anda mengenali potensi yang ada pada diri Anda, maka pilihlah jenis usaha yang paling tepat dan sangat berpeluang bagi Anda. Untuk mencari peluang usaha, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh dan lakukan, diantaranya:
  • Bersilaturrahmi, hal ini sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam, apalagi dalam urusan mencari rezeki, hanya tentu saja niatnya harus karena Allah, bukan semata-mata berniat untuk urusan yang lain. Bersilaturrahmi bisa dilakukan dengan teman-teman atau kenalan baru Anda, dengan saudara, atau dengan siapa saja, apalagi jika mereka orang-oragng yang bergerak dalam dunia usaha. Ungkapkan kepada mereka mengenai keinginan Anda untuk mencari produk atau usaha tertentu. Tanyakanlah pada mereka apa saja yang biasa mereka lakukan, bagaimana mereka memulai usaha atau bisnis, bagaimana rencana usahanya ke depan, bagaimana mereka menyiasati persaingan, mengelola resiko, menilai dan memenuhi kebutuhan pasar, dsb. Jika usaha yang Anda minati ada diantara mereka, cobalah pendekatan lebih dalam, misalnya lebih sering berkunjung ke rumahnya, mengajak mereka makan-makan atau sekedar minum, berkunjung ketempat usahanya dll.
  • Dengan membaca koran, tabloid, atau majalah, atau menonton televisei. Saya kira banyak peluang-peluang usaha yang menarik yang bisa kita peroleh di sana.
  • Coba Anda buka-buka juga halaman kuning atau yellow pages yang biasanya disertakan dengan buku daftar telepon. Disana banyak iklan dari berbagai macam produk dan jasa, yang mungkin saja salah satunya bisa menginspirasi Anda untuk memilih usaha yang paling sesuai dan paling berpeluang.
  • Jika Anda gemar membaca buku serta sering pergi ke toko buku, sekarang banyak sekali buku-buku yang bisa Anda jumpai, yang isinya berupa ide-ide, serta kiat-kiat untuk memilih dan memulai usaha, tidak ketinggalan pula teknik-teknik serta strategi-strategi usaha dan sebagainya, yang bisa mendukung keberhasilan suatu usaha.
  • Bagi Anda yang sering bepergian atau berjalan-jalan, baik di dalam atau ke luar kota, coba perhatikan tempat-tempat disepanjang perjalanan Anda, banyak potensi usaha yang bisa dilihat, semisal kerajinan, makanan atau minuman khas daerah, dan sebagainya yang bisa menginspirasi dan merupakan ide usaha bagi Anda, serta cobalah sesekali meluangkan waktu untuk berbicara atau ngobrol-ngobrol dengan mereka para pemilik usaha tersebut.
  • Dan tentu saja masih banyak cara lain yang bisa ditempuh, termasuk salah satunya adalah dengan cara berselancar di internet seperti ini, dimana informasi dari seluruh penjuru dunia bisa dicari, termasuk informasi yang berkenaan dengan peluang usaha.
Ketiga, tentukan pilihan Anda

Apakah Anda telah menemukan sebuah peluang usaha yang tepat bagi Anda? Jika telah mempunyai daftar beberapa peluang usaha yang sekiranya sesuai bagi Anda, dan Anda pun telah melakukan survey sebelumnya, maka sudah waktunya Anda untuk menentukan sebuah pilihan usaha.

Sebelum menentukan salah satu jenis usaha yang paling tepat, maka lakukan analisis terhadap daftar usaha tersebut, untuk memudahkan peluang usaha mana yang akan Anda pilih.
  • Analisa Sektor Usaha. Apakah sektor usaha tersebut merupakan salah satu dari keinginan Anda. Beri urutan, dan usaha yang paling Anda minati letakkan di urutan paling atas.
  • Analisa Modal Usaha. Berapa besar modal yang diperlukan untuk usaha tersebut. Berapa modal yang Anda miliki, atau berapa modal dari sumber lain.
  • Analisa Keuntungan. Berapa besar keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha tersebut berkaitan dengan seberapa besar kebutuhan hidup Anda. Kalau masih kurang, masih bisakah memilih usaha lain atau menambahkan jenis usaha yang lain.
  • Analisa prospek. Pelajari keadaan jenis usaha tersebut saat ini dan untuk masa yang akan datang. Dari sekian daftar usaha, mana yang memberikan prospek terbaik.
  • Sebelum mengambil keputusan terakhir, cobalah periksa kembali kriteria dari setiap pilihan.

Tanyakan kepada orang-orang yang telah berpengalaman, serta mintalah pendapatnya mana kira-kira usaha yang paling tepat dan sesuai bagi Anda beserta alasannya. Tapi Ingat, apapun pendapat teman Anda, yang menjadi pertimbangan utama Anda adalah tetap keinginan dan kemampuan Anda, karena Andalah yang paling mengenal potensi diri anda, serta Anda-lah yang akan menjalankan usaha tersebut. Apalagi jika usaha tersebut berkaitan dengan hobi Anda, apapun yang terjadi.., Anda akan selalu enjoy melakukannya.

Mudah-mudahan dengan tip-tip atau kiat-kiat usaha diatas, Anda sudah bisa untuk segera memulai usaha yang paling tepat bagi diri Anda. Tapi ingat, usaha yang halal serta baik tentunya ya.., biar untungnya bisa Anda raih juga di akhirat kelak. Oke..??

Semoga bermanfaat…!!!


Post a Comment Blogger

Silahkan mengisi komentar sebelum meninggalkan Job Market Fair, melalui komentar Blogger / Facebook.

Ketentuan :
• Login Facebook atau Google account untuk memberikan komentar
• Komentar sesuai tema dan tidak berkomentar mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM

 
Top