Job Market Fair

0
4 Lulusan Yang Diperebutkan Perusahaan
Buat kamu yang masih galau cari kerja, berikut ini 4 lulusan yang saat ini paling banyak dicari sama perusahaan. Biar kamu tidak galau lagi, silahkan baca dulu lulusan dari jurusan apa saja yang punya prospek paling bagus buat menapaki karir di masa depan.

Teknik Komputer / Teknik Informasi (TI)

Perkembangan teknologi komputer dan internet dalam satu dekade belakangan ini memang melaju sangat pesat sekali. Hidup kita setiap hari mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti tidak pernah lepas dari yang namanya teknologi, khususnya komputer dan internet. Mulai dari yang memanfaatkan internet buat mencari materi kuliah, main game online, baca situs berita, update status, dan banyak hal lagi bisa dilakukan dengan gampang saat ini berkat kemajuan teknologi komputer dan internet.

Buat kamu yang lulusan Teknik Komputer atau Teknik Informasi, banyak peluang karir terpampang luas sekali didepan kamu. Apalagi kalau kamu punya skill komputer yang lebih, seperti membuat coding dan programming, terus sering membuat aplikasi waktu jaman kuliah, kamu tidak usah khawatir. Jelaskan semua skill dan pengalaman kamu di CV dengan jelas dan detail, dijamin perusahaan-perusahaan bakal antri buat merekrut kamu.

Bisnis dan Manajemen

Jurusan ini dari dulu sudah dianggap sebagai salah satu jurusan yang selalu punya masa depan yang bagus. Kenapa? Karena lulusan bisnis dan manajemen itu fleksibel, bisa ditempatkan di area mana saja, mulai dari manajemen perusahaan, keuangan, statistik ekonomi, sampai ke marketing. Bisnis itu kan mencakup banyak bidang, makanya lulusan bisnis dan manajemen dianggap punya keahlian yang lebih luas untuk mendukung berkembangnya suatu perusahaan.

Tapi kamu mesti ingat, lulusan jurusan ini banyak sekali, otomatis pesaing kamu juga banyak. Terus gali dan pelajari apa kelebihan kamu yang bisa dijadikan nilai jual plus ke perusahaan. Kalau misalnya kamu dapat tawaran untuk magang waktu menunggu jadwal wisuda, ambil saja soalnya itu bagus buat jadi batu loncatan kamu. Siapa tahu setelah wisuda kamu langsung diajak bergabung ke perusahaan itu.

Akutansi / Keuangan

Jurusan yang satu ini juga jadi salah satu jurusan favorit dari jaman dulu. Setiap perusahaan, dari yang kecil sampai yang skala multinasional pasti butuh pegawai untuk mengurus masalah keuangan perusahaan. Tidak cuma di bagian keuangan perusahaan saja area kerjanya, lulusan jurusan ini juga dicari sama perusahaan investasi untuk jadi pengatur rencana investasi nasabah, atau bisa juga jadi penasihat keuangan di perusahaan.

Biasanya untuk bagian keuangan, kamu mesti mulai dari posisi bawah dulu, mulai jadi staff keuangan dulu. Tidak usah khawatir, gunakan itu sebagai tempat buat kamu belajar menambah pengalaman dan skill, saat keahlian kamu bertambah pasti posisi dan penghasilan kamu juga bakal ikut meningkat.

Marketing

Ini masih banyak salah kaprah kalau membahas marketing, ada yang menganggap lulusan marketing cuma bisa kerja jualan saja. Marketing dan Sales itu beda, biarpun tujuan akhirnya sama saja, sama-sama berusaha membuat pemasukan perusahaan semakin besar. Sales lebih terfokus ke menjual produk atau jasa dari perusahaan itu, sedangkan marketing tugasnya membuat sistem dan strategi cara memasarkan produk dan jasa yang dipunyai perusahaan.

Biar nilai kamu sebagai pencari kerja lebih tinggi dimata perusahaan, pelajari banyak bidang yang terkait dengan ilmu marketing. Apalagi kalau kamu punya daya kreativitas yang tinggi, mampu membuat ide-ide pemasaran yang cerdas, bisa menulis kreatif untuk bahan iklan, pasti banyak perusahaan yang mau untuk menerima kamu bergabung bersama mereka.

Buat kamu yang jurusannya tidak disebutkan di daftar diatas, tidak usah berkecil hati. Semua bidang ilmu dan industri itu selalu berkembang, meskipun antara bidang satu dengan yang lain itu tidak selalu sama kecepatannya. Kuncinya, jangan pernah malas dan takut untuk belajar hal baru diluar bidang yang selama ini kamu pelajari. Fokus pada bidang yang kamu minati, pelajari dengan maksimal, asah terus keahlian kamu, hal tersebut pastinya akan berguna sekali buat masa depan kamu sendiri.


Sumber:


Post a Comment Blogger

Silahkan mengisi komentar sebelum meninggalkan Job Market Fair, melalui komentar Blogger / Facebook.

Ketentuan :
• Login Facebook atau Google account untuk memberikan komentar
• Komentar sesuai tema dan tidak berkomentar mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM

 
Top