Job Market Fair

0
Siapa yang enggak mau kuliah atau melanjutkan studi di luar negeri, sebut saja Belanda. Bisa melihat langsung kincir angin, menikmati bunga tulip, memakan makanan khas negeri Kincir Angin, sampai menikmati dinginnya negara yang terletak di Eropa Barat itu. 

Sudah pasti para fresh graduate dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di Belanda, merupakan suatu impian. Jika kalian sedang mencari beasiswa, Belanda menyebar beasiswa pascasarjana untuk membantu meningkatkan akses ke pendidikan tinggi di seluruh dunia melalui Beasiswa dari Nuffic Neso. 

Beasiswa Nuffic Neso mempunyai beberapa beasiswa yang ditawarkan, antara lain Stuned (Studeren in Netherland) yaitu beasiswa program master dan short course. Beasiswa ini diprioritaskan dalam mengontribusi kemajuan Indonesia yang berbentuk program capacity buiding. Untuk beasiswa ini syaratnya harus mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun di institusi terakhir, dan beasiswa ini penuh yang mencakup uang kuliah dan biaya hidup. 

Selain itu, ada juga beasiswa yang lain, yaitu Netherlands Fellowship Programme. Untuk mendaftar beasiswa ini, pelamar harus sudah mendapatkan acceptance letter dari universitas yang dituju. Beasiswa ini hampir sama dengan beasiswa Stuned yang proses seleksinya sangat kompetitif, dan juga mensyaratkan pengalaman kerja, yaitu selama tiga tahun dalam bidang yang sama dengan jumlah sebesar 84 ribu Euro selama empat tahun. 

Adapun beasiswa yang berbeda dengan Stuned dan Netherlands Fellowship Programme, yaitu beasiswa Orange Tulip Scholarship yang tidak mensyaratkan pengalaman kerja. Wah kabar baik nih buat fresh graduate. Nah, untuk melamar beasiswa ini, pelamar juga tidak harus diterima terlebih dahulu di universitas tujuan. 

Informasi beasiswa ini yang disponsori oleh institusi pendidikan tinggi dan perusahaan di Belanda, serta pemerintah Indonesia ini dijadwalkan akan dibuka pada November 2013. Jadi, kamu harus rajin-rajin mencari beasiswa jika kamu mau kuliah di luar negeri. 

"Sekarang ini, beasiswa yang tersedia sangatlah banyak, baik untuk studi lanjut di dalam maupun luar negeri. Tergantung pada kitalah, apakah mau rajin mencari informasi beasiswa tersebut atau tidak," ujar Student Counsellor Nuffic Neso Indonesia Inty Dienasari, saat melakukan presentasi mengenai studi lanjut di Belanda, seperti diulik dari laman UNY, Rabu (18/9/2013). 

Sekira 50 mahasiswa dan alumni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tertarik kuliah di negeri kincir angin itu, hadir dalam presentasi tersebut. Lebih lanjut, terdapat banyak sekali keuntungan jika menempuh studi di Belanda. Beberapa di antaranya, semua program studi yang ada bagi penerima beasiswa adalah program studi internasional, sehingga kuliah disampaikan dalam Bahasa Inggris. Selain itu, 95 persen masyarakat Belanda menguasai Bahasa Inggris. 

"Jadi, asalkan menguasai bahasa ini, mahasiswa tidak akan menemui kesulitan yang berarti dalam komunikasi sehari-hari. Masalah makanan pun bukan menjadi persoalan karena banyak makanan khas Indonesia yang tersedia rumah makan di sana. Oleh karena itu, istilah 'Home away from home' sangat populer dalam konteks ini, di mana para mahasiswa serasa berada di rumah sendiri, karena tidak sulit untuk beradaptasi," ucapnya. 

Selain ketiga beasiswa tersebut, masih terdapat beasiswa-beasiswa lain untuk studi di Belanda yang bisa dilamar, yaitu seperti Beasiswa Unggulan, Erasmus Mundus, dan DIKTI PhD Jalur Khusus Belanda. 

Oleh karena itu, agar tidak ketinggalan berita, para pengejar beasiswa harus rajin mencari informasi. Selain itu, persiapan jangka panjang juga diperlukan seperti menghubungi profesor di universitas yang diminati, membuat motivation statement yang baik, serta mencari sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL IBT dan IELTS. 

Sekadar informasi, Nuffic Neso merupakan sebuah organisasi independen yang berbasis di Den Haag, Belanda. Organisasi nirlaba ini mendukung adanya internasionalisasi dalam pendidikan tinggi, penelitian, pendidikan, dan pendidikan profesional di Belanda dan di luar negeri, serta bertujuan untuk membantu meningkatkan akses ke pendidikan tinggi di seluruh dunia. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dan studi lanjut di Belanda, kunjungi saja langsung http://www.nesoindonesia.or.id atau dapat mengirimkan email kepada Inty melalui alamat inty.dienasari@nesoindonesia.or.id. Selamat mencoba!

Sumber: Okezone


Post a Comment Blogger

Silahkan mengisi komentar sebelum meninggalkan Job Market Fair, melalui komentar Blogger / Facebook.

Ketentuan :
• Login Facebook atau Google account untuk memberikan komentar
• Komentar sesuai tema dan tidak berkomentar mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM

 
Top